Rekatkan Ukhuwah Persaudaraan, HMPS Pemikiran Politik Islam Gelar Halal bi Halal dan Public Hearing


Hari Kamis, 2 Mei 2024, organisasi HMPS Pemikiran Politik Islam menggelar acara Halal Bi Halal bertempat di Gedung PKM Kampus Barat Iain Kudus sebagai ajang untuk memperkuat silaturrahmi antar anggota dan mempererat kebersamaan dalam menjalankan misi dan visi organisasi. Acara ini dihadiri oleh para Mahasiswa Program Studi pemikiran politik islam, dosen Prodi PPI, dan tamu undangan. Melalui acara yang diselenggarakan, diharapkan antar anggota dapat saling memaafkan, mengukuhkan solidaritas, hingga memperbaiki hubungan yang mungkin saja sempat renggang, sehingga momentum acara tahunan ini dapat meciptakan lingkungan yang harmonis dan produktif HMPS dalam berorganisasi. 

Tahun ini, tema acara yang diusung yaitu “Membangun Ukhuwah Islamiyah PPI Melalui Aktualisasi Semangat Publik Hearing”. Jadi, Halal Bi Halal yang diselenggarakan mulai pukul 08:00 WIB tersebut bukan hanya ajang untuk bermaaf-maafan, namun HMPS PPI juga menghadirkan momentum diskusi “Public Hearing” antar Mahasiswa dan Dosen. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah inovasi yang dapat memperkuat partisipasi serta interaksi antar kedua belah pihak, dimana public hearing ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk menyuarakan ide, pendapat, maupun aspirasi mereka terhadap dosen. Sementara itu dosen memberikan masukan, arahan, serta tanggapan langsung terhadap hal-hal yang telah disampaikan oleh mahasiswa. Sehingga dengan adanya pertukaran pandangan ini, dosen dapat memahami lebih baik perspektif mahasiswa serta lebih mengetahui dan memperhatikan aspirasi hingga kebutuhan para mahasiswa baik dalam berorganisasi, maupun selama kegiatan pembelajaran di Kampus.

Bapak M. Nur Rofiq Addiansyah, M.A. selaku Sekretaris Prodi PPI menyatakan “Saya mewakili dari Prodi PPI dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus mengucapkan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.” Selain itu beliau juga menyampaikan betapa pentingnya berjejaring

Terdapat berbagai topik dalam forum saat sesi public hearing, salah satu diantaranya adalah terkait problematika perempuan yang tidak memiliki keleluasan seperti laki-laki yang dimana mereka dapat dikatakan lebih bebas bersosial dibandingkan perempuan. Hal itu kemudian ditanggapi oleh Iqbal Dzulqarnain, demisioner HMPS PPI “Secara teoritis ada stigma masyarakat tentang pola pikir feminisme dan patriarki, masyarakat adalah makhluk social, kita lahir ke dunia secara individu dan ketika kita mati juga secara individu tidak mungkin secara bersama-sama. Jadi ada proporsi tertentu dimana kita harus jadi individu dan makhluk social. Hal yang perlu ditingkatkan adalah mindset, rasa percaya diri, seperti dengan cara mengobrol atau membuat jejaring. Dengan memanfaatkan jejaring organisasi sekalipun tidak jarang ada dinamika luar biasa, anggap saja itu sebuah pembelajaran, tunjukkan bahwa kita memiliki value dan bisa pintar dalam menempatkan diri.”

Risky Winata yang merupakan Mahasiswa sekaligus salah satu pengurus HMPS PPI 2024 pun menanggapi “Sebenarnya kita ada waktu berjejaring, namun kitanya saja yang tidak mau mengeksekusi ataupun mengadakan jam terbang untuk diri kita sendiri maupun di organisasi”

Saya tetap apresiasi teman-teman, kalau butuh apa-apa jangan sungkan minta bantuan senior. Perbanyak belajar, jangan ikut organisasi dngan cuma sekedar ikutan saja, dan manfaatkan kesempatan sebaik mungkin.” Pungkas Iqbal

Pada akhir acara, Bapak Dosen M. Nur Rofiq juga berpesan agar kita terus belajar bersama, berproses bersama, mengeluh boleh, namun solusi juga dibutuhkan.


Kontributor: Miladiya Cahyati (Pengurus HMPS PPI 2024, Sekdiv Divisi Komunikasi Mdia Informasi dan Hubungan Masyarakat)

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com