Standar Menulis Opini yang Benar



Saat kita membaca koran, ada salah satu kolom yang memuat argumen-argumen seseorang mengenai masalah-masalah, atau isu-isu yang sedang update dibicarakan oleh banyak masyarakat. Tak lain itu adalah “Kolom Opini”. Nah, jika kita ingin membuat opini, ada baiknya kita memahami teori-teori tentang opini dahulu. Opini adalah tulisan yang bisa berisi ulasan, gagasan, kritik, terhadap persoalan yang berkembang di masyarakat. Selain itu, opini adalah bentuk respon atau tanggapan dari seseorang mengenai persoalan yang sedang update di masyarakat.

Adapun opini menggunakan bahasa ilmiah yang populer, maksudnya bahasa ilmiah yang mudah dipahami masyarakat. Berbeda dengan karya ilmiah, yang notabene menggunakan bahasa ilmiah yang rumit, yang hanya dipahami oleh kalangan akademis saja. Saat seseorang beropini, pastinya ia beropini pada isu-isu yang bersifat aktual, nyata terjadi tidak direkayasa sama sekali. Karena isu-isu yang bersifat aktual lah yang biasanya dibahas oleh banyak masyarakat. Dan juga biasanya dijadikan bahan diskusi; saling berbagi pendapat.

Cara membuat opini sangatlah mudah jika kita memang berniat betul membuatnya. Hal yang paling utama saat kita membuat opini adalah kita harus mencari ide, mencari ide tidaklah sulit, kita bisa mencari ide lewat membaca sumber media, bisa juga mencarinya dari pengamatan langsung di lokasi objek yang akan dijadikan bahan tulisan, sebelum kita menulis opini. Jadi kita harus menuangkan ide-ide dan pikiran kita lalu kita kembangkan opini tersebut dan jangan lupa kita juga harus menyelipkan data-data dari sumber-sumber data terpecaya. Supaya opini tersebut ada referensinya yang mendukung dan supaya lebih lengkap, tidak hanya berisi argumen-argumen saja.
Opini yang baik adalah opini terkait dengan isu politik. Mengapa demikian? Karena bangsa kita sejak dahulu memang suka membahas tentang isu politik. Berbagai dinamika politik mereka ikuti dan sesekali mereka luapkan emosinya ke opini tersebut. Begitupun juga di era globalisasi sekarang, masalah politik sering muncul di kolom opini.

Adapun poin paling penting dari opini adalah argument-argumen yang kita bangun. Tentunya, argument-argumen yang kita bangun harus logis, dapat diterima oleh akal pikiran, dapat dipertanggung jawabkan berarti tidak asal membuat argumen, serta argumen-argumen yang kita bangun harus disertai data-data dari sumber yang terpercaya supaya argumen kita menjadi kuat. Biasanya ketentuan penulisan opini yang dimuat dalam koran, kata-katanya sekitar 1000-3000 kata. Lalu di dalam argumen tidak menggunakan kata kiasan, yaitu kata-kata istilah. Argumen yang kita bangun harus to the point, tidak bertele-tele, jelas, dan lugas.
Untuk struktur opini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :

1. Introduction
Yaitu berisi kalimat-kalimat pengantar tentang masalah yang akan dibahas. Biasanya bentuknya berisi pemaparan-pemaparan umum dan berisi data-data dari sumber terpercaya supaya kalimat tersebut terasa lengkap.
2. Body
Bagian body adalah bagian terpenting dari opini. Karena bagian ini berisi argumen-argumen yang akan kita sampaikan terhadap masalah yang sedang dibahas. Argumen-argumen kita menjadi kuat apabila kita lengkapi dengan data-data dari sumber terpercaya. Terkadang, penulis opini meluapkan emosi nya di bagian body ini, seolah-olah perasaan mereka terhadap masalah tersebut terwakili oleh tulisan mereka.
3. Conclusion
Bagian terakhir dari opini ialah conclusion atau kesimpulan. Kesimpulan opini bisa berbentuk kritikan kepada pihak-pihak terkait, atau mungkin bisa berbentuk problem solving atau solusi dari masalah-masalah yang sedang terjadi. Atau mungkin juga bisa berbentuk sebuah terobosan-terobosan baru dari pemikiran penulis.


Kontributor : Muhammad Ariq Ajaba, mahasiswa PPI angkatan 2020.
*Tulisan yang dimuat ini adalah materi dari “Kelas Kepenulisan” yang masuk dalam agenda RAKORWIL IV Jateng dan DIY di IAIN Kudus, pada (14-15/03/2020). Dengan pemateri dosen PPI, Umi Qodarsasi, S.IP, MA., yang mengambil tema, “Melestarikan Tradisi Literasi di Kalangan Mahasiswa”.

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com