Jelang Akhir Kepengurusan, HMPS PPI gelar MUSMA V

Jelang Akhir Kepengurusan, HMPS PPI gelar MUSMA V
Prosesi sidang tata tertib Musyawarah Mahasiswa HMPS PPI, pimpinan sidang (tengah), anggota sidang (kiri), sekretaris sidang (kanan). (Foto: Ichsan/Kominfo).

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pemikiran Politik Islam (PPI) laksanakan Musyawarah Mahasiswa kelima (MUSMA V). Mengusung tema "Regenerasi Kepemimpinan Menuju Organisasi Progresif" kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus HMPS PPI dan mahasiswa PPI. Bertempat di Aula Gedung PKM Kampus Timur. Sabtu (30/12/2023). 


MUSMA merupakan agenda rutin yang digelar di akhir periode kepengurusan HMPS di IAIN Kudus sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus himpunan. 



Dalam MUSMA ini terdapat tiga pembahasan inti. Pertama, sidang pembahasan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD-ART). Selanjutnya, sidang laporan pertanggungjawaban (LPJ). Terakhir, debat kandidat calon ketua dan pemilihan ketua himpunan 2024. 


Dalam sambutannya, Kepala Program Studi (Ka. Prodi) PPI Riza Zahriyal Falah berpesan untuk tidak ragu ketika ingin bergabung organisasi, Riza menjelaskan bahwa organisasi dapat memberi manfaat bagi mahasiswa dalam membentuk karakter kritis dan produktif. Hal ini menurutnya akan sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas kuliah dan bekal ketika terjun di masyarakat.


"Organisasi sering dianggap menghambat mahasiswa untuk lulus tepat waktu, itu semua tidak benar. Saya harap kalian (mahasiswa, red) mematahkan stigma buruk yang keliru itu," ungkap Riza. 


Meneguhkan pandangan Riza. Ketua HMPS PPI Alfiyan Yuliyanto menjelaskan dalam organisasi kita dididik untuk melakukan segala kegiatan secara sistematis, ada empat hal yang diperlukan. Pertama, perencanaan yakni melakukan segala persiapan yang dibutuhkan. Kedua, pelaksanaan. Selanjutnya pengawasan. Terakhir ialah evaluasi, ini penting demi mengetahui kesalahan agar dapat diperbaiki. 


"Dengan empat hal tersebut, saya percaya kita semua (mahasiswa, red) di sini bisa mengoptimalkan kemampuan diri," ungkap 


Ia juga berpesan kepada pengurus Himpunan berikutnya agar menjaga dan memperkuat solidaritas dalam mengelola himpunan. Sebab dirinya percaya hal itu  memiliki peranan yang sangat penting. 


"Ada ungkapan yang mengatakan bersatu kita teguh bercerai kita berantakan," tegasnya.


Kontributor: Ahmad Nur Ichsan (Pengurus HMPS PPI 2023, Divisi Kominfo dan Humas). 

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com