Membangun Kreativitas Gen Z dalam Pemanfaatan Kemajuan Digital di Era Socioty 5.0




GEMA POLITIC, Fakultas Dakwah kembali menyedot perhatian mahasiswa. Pasalnya Politic Festival yang diselanggrakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pemikiran Politik Islam (HMPS PPI) mengadakan seminar nasional pada 21 Mei 2024. Kegiatan yang merupakan rentetan festival ini mengundang dua narasumber. Pemateri satu merupakan seorang politikus, H. Mawahid. Seminar yang dihadiri oleh Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah ini mendapat respon positif dari mahasiswa. Hal ini dikarenakan materi yang disuguhkan mempresentasikan perkembangan politik dengan mengusung tema “Membangun Kreativitas Gen Z dalam Pemanfaatan Kemajuan Digital di Era Socioty 5.0”.

Pria yang berkecimpung didunia politik ini, dalam penyampaiannya secara lugas menerangkan peran Gen Z dalam pemanfaatan digital terhadap isu-isu politik, mengungkapkan bahwa tema besar yang diberikan kepadanya dapat diambil bentuk sederhananya yaitu “Politik Digital” atau “Digital Politik” . Kedua istilah ini mempunyai makna tersendiri untuk dapat dikaji lebih dalam. Beliau juga memberikan contoh politik digital yang mempunyai pengaruh yang cukup signifikan dalam membentuk persepsi masyarakat. Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah ini mencontohkan dengan pengalamanya dalam pengunaan media digital didunia politik sangat berpengaruh.

Selanjutnya, pemateri kedua M. Andi Kurniawan, S.Pd. Pria kelahiran Jepara 22 tahun silam ini, dalam penyampaianya yang sangat motivator. Lulusan Fakultas Ilmu Sosial UNNES ini mengungkapkan untuk menyikapi Gen Z diera 5.0 memberikan motivasi dan pengutan mental bagi Gen Z anggar menumbuhkan karakter dalam diri. Beliau menyampaikan turbulensi dan dinamika dengan cara memiliki kompetensi, skill, dan pengalaman harus dimiliki Gen Z untuk menghadapi perkembangan zaman. Beliau juga membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi berbagai tentangan global, yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga inovatif dan visioner dalam menghadapi perkembangan dunia yang semakin dinamis. 

Seminar ini diharapkan dapat membekali mahasiswa tentang bagaimana teknologi telah mengubah paradigma masyarakat. Diharapkan juga dengan adanya politik fest ini dapat menginspirasi para mahasiswa dalam menghadapi revolusi digital, Sehingga para mahasiswa akan mempu memahami dan menghadapi tantangan-tantangan unik yang ada di era Gen Z ini dengan percaya diri dan visi yang kuat.

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com