Siapkan Pelaksanaan Kurikulum MBKM, FDKI Bekerja Sama Dengan Bawaslu Jepara

Siapkan Pelaksanaan Kurikulum MBKM, FDKI Bekerja Sama Dengan Bawaslu Jepara
Penandatanganan MOA antara FDKI IAIN Kudus dengan Bawaslu Jepara (foto: Istimewa)

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jepara, Sujianto mengungkapkan adanya kerjasama dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Kudus diharapkan dapat bermanfaat untuk kedua lembaga.

"Manfaat bagi Bawaslu meningkatkan pengawas partisipatif dan pendidikan kepemiluan. Sedang manfaat untuk Perguruan tinggi memberikan akses kepada mahasiswa dan akademisi dalam bidang pengabdian dan penelitian, khususnya tentang pengawasan pemilu," terangnya.

Demikian disampaikan saat penandatangan Memorandum Of Agreement (MOA) tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta Implementasi Kurikulum Mitra Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang dihadiri jajaran Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, serta Wakil rektor I IAIN Kudus. Berlangsung di aula gedung perpustakaan lantai 4 IAIN Kudus pada Rabu (01/02/2023).

Kerja sama ini bertujuan untuk menyelaraskan potensi dari masing-masing lembaga demi terwujudnya profesionalitas pengelolaan program studi. Juga, menjalin hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak dalam melaksanakan berbagai kegiatan.

Menanggapai hal tersebut, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. H. Ihsan, M. Ag. Mengatakan pihaknya sangat memerlukan dukungan dari stakeholder dari wilayah Kudus dan sekitarnya. Apalagi demi mempercepat transformasi IAIN menuju UIN Sunan Kudus, kerja sama yang disiapkan dan berkelanjutan sangat diperlukan.

"Khususnya kepada civitas akademika IAIN Kudus agar memberikan produktivitas yang berkelanjutan guna mewujudkan IAIN sebagai lembaga pendidikan yang progresif," ujarnya.

Lebih lanjut, Ihsan menjelaskan jika dalam kurikulum MBKM, mahasiswa harus memperoleh pengalaman di luar kampus. Oleh karena itu IAIN Kudus  mempercayakan kepada Bawaslu Jepara dan lembaga lainnya sebagai lokasi pembelajaran. Menurutnya dengan adanya MBKM dapat memberi pemahaman baru bagi mahasiswa supaya mereka tidak hanya mengetahui ilmu dari buku dan teori saja, namun harus mengetahui dunia kerja sebagai bagian dari pengalaman.

"kami ucapkan terima kasih kepada seluruh lembaga yang telah membantu, semoga mahasiswa kami tidak hanya memahami teori dari naskah buku namun harus komunikasi dengan komunitas apa saja, untuk menjawab tantangan kedepan," ungkap Ihsan.


Kontributor: Ahmad Nur Ichsan (Pengurus HMPS PPI 2023, Koordinator Divisi Komunikasi Media Informasi dan Hubungan Masyarakat).

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com