Orientasi HMPS PPI, Kuatkan Solidaritas Demi Progresivitas

 

Orientasi HMPS PPI, Kuatkan Solidaritas Demi Progresivitas
Berlangsungya Orientasi dengan moderator (kanan), pembicara II (tengah), pembicara I (kiri). (Foto: panitia)

Himpunan Program Study (HMPS) Pemikiran Politik Islam (PPI) adakan orientasi pengenalan kepada anggota HMPS PPI, kepengurusan periode 2023. Mengusung tema “Membangun Konsistensi Dan Solidaritas Demi Terwujudnya Progresivitas,’’ kegiatan ini dilangsungkan di ruang Gedung F, kampus barat IAIN Kudus. Rabu (08/02/2023).


Turut hadir dalam forum, M. Taufiqur Rahman S.Sos,. sebagai pembicara I dan Setiyo Budi Utomo S.Sos,. sebagai pembicara II, yang dimoderatori M. Abdul Rozak. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota HMPS PPI kepengurusan periode 2023 sebagai bekal untuk melaksanakan tanggung jawab dalam satu (1) tahun kepengurusan.


Pembicara I yang akrab disapa Fika menyampaikan pentingnya manajemen dalam organisasi, menurutnya ada tujuh (7) fungsi manajemen organisasi. Pertama Planning, upaya merencanakan pelaksanaan dari tujuan organisasi. Kedua Organizing, pembentukan struktur organisasi. Ketiga Staffing, pemberian fungsi dan tanggung jawab kepada semua anggota. Keempat Directing, pengarahan anggota yang dilakukan guna terpenuhinya fungsi dari setiap anggota.


Selanjutnya Motivating, pemberian motivasi agar anggota berani mewujudkan tujuannya. Keenam Actuating, pelaksanaan. Terakhir Controlling, pengawasan oleh ketua organisasi dalam pelaksaan sebagai upaya agar terpenuhinya setiap fungsi, tanggung jawab, tujuan kegiatan yang berdampak pada terwujudnya tujuan utama organisasi tersebut.


“Dengan manajemen yang baik akan meningkatkan peluang tercapaianya suatu tujuan,” ujar ketua HMPS PPI periode 2019 itu. 

Orientasi HMPS PPI, Kuatkan Solidaritas Demi Progresivitas
Terjadinya interaksi antar peserta.

Disamping itu, pembicara II Tiyok mengatakan selain manajemen, dalam upaya mewujudkan organisasi yang progresif juga diperlukan keharmonisan mealui silaturahmi dengan berbagai pihak lainya. Menurut Tiyok, hal itu baik sebagai penunjang kemajuan organisasi.


“HMPS harus menjalin hubungan baik kepada dosen dan demisionernya, sebab mereka inilah yang akan memberi arahan kedepannya,” tutur ketua HMPS PPI periode 2020 itu.  


Kontributor: Ahmad Nur Ichsan (Pengurus HMPS PPI 2023, Koordinator Divisi Komunikasi Media Informasi dan Hubungan Masyarakat).

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com