Puluhan Mahasiswa Ikuti Pelatihan Karya Tulis Ilmiah HMPS PPI

 

Puluhan Mahasiswa Ikuti Pelatihan Karya Tulis Ilmiah HMPS PPI
Dialog dan interaksi Erina bersama mahasiswa dalam pelatihan karya tulis ilmiah HMPS PPI (foto:panitia).

"Menulis itu upaya menyalurkan ide, gagasan, serta perasaan melalui penyusunan kata, kalimat hingga pesan yang kita tuliskan dapat tersampaikan kepada orang lain," kata Rofiq dosen FDKI dalam forum Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI).


M. Nur Rofiq Addiansyah bersama Erina Rahmajati menjadi pembicara I dan pembicara II dalam pelatihan karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pemikiran Politik Islam (PPI).

Bertempat di Gedung PKM Kampus Barat IAIN Kudus. Kamis (23/02/2023).

Mengusung tema "Membangun Jiwa Muda Yang Kompeten Di Segala Bidang Keilmuan Melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah". Forum dimulai pukul 08.00 WIB, dengan diikuti oleh puluhan peserta mahasiswa dari kalangan umum.

Rofiq mengatakan kepada seluruh hadirin untuk tidak menyepelekan kegiatan menulis, sebab dalam menulis sangat membutuhkan penguasaan kosakata yang luas, dan menulis yang baik hanya dapat dilakukan jika syarat tersebut berhasil dipenuhi.

"Kosakata itu penting dalam menulis. Tidak terkecuali dalam membuat karya tulis ilmiah, oleh sebab itu kalian yang ingin menjadi penulis ulung harus berpengetahuan dan memahami banyak arti kosakata," terang dosen Fakultas Dakwah itu.

Lebih lanjut, ia menyampaikan pentingnya menulis bagi mahasiswa yang berminat untuk memperoleh beasiswa pendidikan. Menurut Rofiq, sekarang ini salah satu syarat untuk memperoleh beasiswa. Mahasiswa harus memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan, salah satunya karya tulis ilmiah.

"Menulis bukan hanya syarat beasiswa, tapi juga supaya gagasan yang temen-temen punya tidak hilang begitu saja," ujarnya.

Di sisi lain, Erina menceritakan bagaimana dirinya yang sebelumnya bukan pribadi yang suka membaca apalagi menulis hingga sekarang ini mendapat penghargaan dan apresiasi dari tulisan-tulisan yang dibuatnya.

"Saya dulu bukan orang yang suka membaca, namun selama berproses menjadi mahasiswa membaca dan menulis telah menjadi suatu kebutuhan bagi diri saya," terangnya.

Erina juga berpesan kepada temen-temen mahasiswa supaya mau berproses dan melakukan segala hal dengan sungguh-sungguh, sebab apapun usaha yang dilakukan jika dengan sungguh-sungguh akan berdampak baik bagi masa depan.

"Memahami proses kehidupan sebagai mahasiswa dan orientasi masa depan," katanya.

Ketua panitia Arzidan Irfansyah mengatakan tujuan diadakannya pelatihan ini untuk membuka cakrawala pengetahuan dan meningkatkan minat baca para generasi muda khususnya mahasiswa yang saat ini menurutnya semakin berkurang.

"Kita hidupkan lagi budaya membaca, sebab, membaca merupakan modal awal guna bisa menulis," pungkasnya.

Kontributor: Miladiya Cahyati (Pengurus HMPS PPI 2023, Divisi Komunikasi Media Informasi dan Hubungan Masyarakat).

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com