Simulasi forum, Mahasiswa PPI Tingkatkan Mentalitas Berargumentasi

 

Simulasi forum, Mahasiswa PPI Tingkatkan Mentalitas Berargumentasi
Berlangsunya forum interaktif mahasiswa PPI dipandu Iqbal (foto:panitia)


Muhammad Iqbal Dzulkarnain menjadi pemateri dalam simulasi forum yang membahas alur dinamika forum yang ideal.


Simulasi forum ini merupakan salah satu agenda dalam kegiatan Selamanya Akrab (Sekrab) yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pemikiran Politik Islam (PPI) IAIN Kudus. Bertempat di aula kantor Balai Desa Japan kecamatan Dawe. Kudus. Sabtu (03/12/2022).


Terdapat tiga (3) istilah dalam forum untuk mengacu pada seseorang yang memandu jalannya forum.


Pertama, pemateri. Merupakan seseorang yang menyampaikan materi terkait pembahasan tema tertentu yang sebelumnya sudah disiapkan.


Kedua, pemantik. Seseorang yang menyampaikan gambaran umum terkait tema yang akan dibahas guna audiensi dapat mengembangkan pemikirannya sendiri.


Ketiga, narasumber. Seseorang yang akan menyampaikan telaah berbagai informasi terkait suatu bidang yang dia kuasai.


“ Sebutan narasumber sebelumnya pernah digunakan dalam kegiatan bedah buku yang dilaksanakan HMPS PPI,” kata Iqbal koordinator divisi kaderisasi.


Menurut Iqbal, ini penting untuk diketahui, dimana sebagai mahasiswa tentunya akan sering mengikuti forum, menjadi pembicara forum, hingga membuat serta menjalankan forum miliknya sendiri.


“ Tentunya sangat penting untuk dipahami. Agar dapat menjadi bekal bagi mahasiswa baik dalam perkuliahan maupun diluar perkuliahan,” tambahnya.


Sementara itu. Muhammad Rizqi Irawan ketua panitia mengungkapkan diadakannya simulasi forum ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa meski dalam kegiatan yang berorientasi menjalin keakraban.


Agenda yang diikuti oleh mahasiswa PPI tahun angkatan 2022, sambungnya, juga diharapkan dapat membangun keberanian mahasiswa untuk berbicara dan menyampaikan argument yang dimiliki di hadapan orang banyak.  


“ Sebagai upaya mempersiapkan mental mahasiswa, yang nantinya akan berguna ketika berada dalam kehidupan bermasyarakat,” terangnya.

 


Kontributor: Ahmad Nur Ichsan (Pengurus HMPS PPI 2022. Divisi Media Informasi dan Komunikasi)

 

 

 


0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com