Adakan Konsorsium, Prodi PPI IAIN Kudus Tanggapi Kebijakan Luar Negeri Indonesia terkait Konflik Ukraina dan Rusia

 

Adakan Konsorsium, Prodi PPI IAIN Kudus Tanggapi Kebijakan Luar Negeri Indonesia terkait Konflik Ukraina dan Rusia

(Foto: tangkap layar/Youtube/Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Kudus)


Program Studi (Prodi) Pemikiran Politik Islam (PPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus mengadakan Konsorsium secara daring kemarin Rabu, (23/03/2022). 


Membahas sikap Moderat Indonesia terkait konflik Rusia dan Ukraina, Konsorsium tersebut  diikuti oleh Dosen, Mahasiswa serta dari kalangan umum. Konsorsium berlangsung di Ruang Meeting FDKI dan melalui Virtual Zoom meeting serta Streaming Youtube "Seminar Fakdakomi IAINku".


Turut hadir memberikan pengantar Konsorsium PPI, yakni Dekan Fakultas  Dakwah dan Komunikasi Islam, Dr. Masturin M.Ag., Pembicara  I Novian Uticha Sally, M.A., Pembicara II Umi Qodarsasi, M.A., yang di moderatori oleh M. Nur Roffiq Addiansyah M.A,.


Pembicara sekaligus Dosen Prodi PPI, Novian Uticha Sally mengatakan Pemerintah Indonesia dalam menghadapi Konflik Rusia – Ukraina cenderung bersikap netral, tanpa berpihak dengan salah satu pihak yang berselisih, berbanding terbalik pada konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina.


“Saat ini Pemerintah Indonesia hanya menyuarakan dukungan untuk menghentikan perang, sedangkan pada konflik Israel – Palestina, Indonesia secara terang-terangan memberi bantuan dan dukungan kepada Palestina,” ujarnya.


Sehubungan dengan itu, ia menjelaskan jika dalam analisis kebijakan luar negeri Indonesia dalam perspektif Realisme, kebijakan Pemerintah Indonesia didasari 3 (tiga) unsur, Pertama, groupism, adanya kecenderungan antara blok barat dan blok timur. Kedua, Egoism, mengedepankan kepentingan masyarakat sendiri. Ketiga power centrism, kestabilan kekuasaan.


Mengingat saat ini Negara Rusia memiliki kekuatan perang nuklir terbesar menurut Novi, sikap moderat yang diambil pemerintah Indonesia merupakan langkah terbaik karena hal itu membuat Indonesia tidak perlu khawatir akan adanya ancaman dari pihak Negara Rusia maupun pihak Negara Ukraina.


“Sikap netral Negara Indonesia juga selaras dengan asas politik luar negeri Indonesia (bebas aktif), bahwa Indonesia tidak memiliki keterikatan dalam memihak,” ujar Dosen PPI itu.


Sementara itu, Dosen Prodi PPI dan juga Pembicara kedua, Umi Qodarsasi mengatakan ada 2 (dua) hal sebagai penyebab konflik Ukraina dan Rusia yang terjadi saat ini. Pertama, konflik saat ini tidak terlepas dari cita-cita lama Rusia untuk mengembalikan kejayaan Uni Soviet, hal tersebut berdasarkan pernyataan Prof. John J. Marsheimer.


“Rusia berambisi untuk meletakkan Ukraina tetap dalam kendalinya,” jelasnya.


Kedua, adanya ekspansi dari North Atlantic Treaty Organization (NATO) ke bagian timur Eropa, menurut Negara Rusia Ekspansi tersebut merupakan ancaman karena negara-negara anggota NATO mulai mendekati  wilayah Rusia.


Sebagai bentuk pertahanan diri, Negara Rusia mulai mengadakan latihan militer di wilayah perbatasan Ukraina.


“Latihan militer Angkatan Darat Rusia dilakukan di Belarus sedangkan Angkatan Laut Rusia di wilayah Laut hitam,” katanya.


Kontributor: Ahmad Nur Ichsan (Pengurus HMPS PPI 2022, Divisi Media Informasi dan Komunikasi)

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com