Adakan Teras Diskusi, HMPS PPI Ajak Mahasiswa Miliki Kesadaran Sikap


Adakan Teras Diskusi, HMPS PPI Ajak Mahasiswa Miliki Kesadaran Sikap


Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pemikiran Politik Islam (PPI) adakan Teras Diskusi (Terasi), mengususng tema ”Revitalisasi Kesadaran Kritis Mahasiswa” bertempat di halaman Gedung G Kampus Barat IAIN Kudus. Jumat, (01/04/2022). Terbuka untuk kalangan umum.


Turut hadir memberikan pengantar dalam bincang santai tersebut, ketua HMPS PPI Isnun  Najib, serta mahasiswa PPI semester 4 (empat), Agus Faristiyan Wibowo sebagai pemantik. Yang dimoderatori oleh M. Iqbal Dzulkarnain, mahasiswa PPI angkatan 2020.


Sebagai pembuka, Agus menjelaskan perihal banyaknya mahasiswa yang kini mulai kehilangan sikap berfikir kritis. Menurutnya hal tersebut akan menyebabkan mahasiswa bersikap acuh tanpa mempedulikan hal-hal yang terjadi di sekitar.


“Ketika kepedulian berkurang, bagaimana bisa menjadi agen perubahan dalam masyarakat,” ucapnya.


Selain itu sebagai mahasiswa yang menekuni ilmu politik. Lanjut Agus, penting untuk memahami dan menerapkan perilaku berfikir kritis sebagai bentuk pertahanan diri dari faham yang mengganggu persatuan dan kesatuan dalam masyarakat.


“Jadi bincang santai kali ini, sebagai wujud membangun sikap kritis mahasiwa,” ujarnya pada obrolan sore kemarin.


Salah satu peserta diskusi, M. Lukman menyampaikan pandanganya terkait membangun kembali kesadaran mahasiswa, ada 3 (tiga) hal yang dibutuhkan. Pertama, memunculkan sikap tidak percaya dalam melihat sesuatu. Kedua, memahami lebih dalam dengan menambah  pengetahuan. Ketiga, melakukan adu banding, sebagai langkah klarifikasi terhadap hal-hal yang sebelumnya tidak dipercayai.


“Karena kebenaran yang sesungguhnya akan muncul apabila ada yang meragukannya,” ujar mahasiswa fakultas Ushuludin itu.


Disamping itu, Isnun Najib mengatakan untuk mewujudkan sikap kritis dan kesadaran tidak perlu secara frontal karena sekarang ini berpendapat bisa melalui hal yang disukai, seperti: tulisan, lagu, foto, video, atau bidang lain yang dikuasai.


“Ada berbagai cara untuk menyuarakan keraguan kita dalam merevitalisasi kesadaran berfikir kritis,” tuturnya.


Ia juga berharap untuk kedepan kegiatan teras diskusi ini bisa menjadi agenda rutin dan dapat sebagai wadah menjalin silaturahmi antar mahasiswa.


“Semoga diskusi selanjutnya lebih baik dari hari ini,” pungkasnya


Kontributor :M.Abdul Rozaq (Pengurus HMPS PPI 2022, Divisi Bidang Riset dan pendidikan politik).

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com