HMPS PPI Gelar Kegiatan Orientasi Mengusung Leadership dan Tata Kelola Organisasi

 




Pada hari Sabtu, 20 Maret 2021, HMPS PPI mengadakan kegiatan orientasi yang dihadiri para anggota HMPS PPI, demisioner angkatan 2019 dan 2020, serta mengundang Kaprodi Pemikiran Politik Islam, ibu Dr. Siti Malaiha Dewi, S.Sos., M.SI. Kegiatan tersebut dilakukan secara tatap muka yang bertempat di gedung MWC NU Bae Kudus. 


Sambutan pertama di sampaikan oleh salah satu demisioner ketua HMPS PPI 2019, Muhammad Taufiqurrahman atau akrab disapa Mas Fika, menjelaskan mengenai kepemimpinan dalam berorganisasi. Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya pada bidang tertentu sehingga mampu mempengaruhi orang lain untuk melakukan aktivitas tertentu demi tercapainya sebuah tujuan. Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas orang lain atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Menurutnya memimpin orang atau mengarahkan orang atau mengatur orang adalah suatu hal yang “Gampang-gampang susah” (Bawahan sering mempunyai pendapat, pengalaman, kematangan jiwa, dan kemampuan yang berbeda bahkan di atas pemimpin). Bagaimana gaya kepemimpinan yang efektif? Gaya kepemimpinan yang efektif adalah kepemimpinan yang disesuaikan dengan tingkat kedewasaan. Saat kita ingin menjadi pemimpin maka kita harus kenali diri sendiri, kenali situasi yang dihadapi, memenuhi tugas, memenuhi kebutuhan kelompok dan individu.


Sambutan yang kedua oleh demisioner ketua HMPS PPI 2020 yaitu Setiyo Budi Utomo yang kerap disapa Mas Tiyok, menjelaskan mengenai tata kelola dalam keorganisasian. Keorganisasian merupakan sistem sosial yang terintegrasi dalam satu wadah dan memiliki tujuan yang sama. Ada beberapa dasar hukum mengenai keorganisasian salah satunya keputusan Rektor IAIN Kudus Nomor 131 tahun 2020 tentang Unit Kegiatan Mahasiswa/ORMAWA IAIN Kudus. Ada beberapa tingkatan organisasi di IAIN Kudus yaitu tingkatan institut ( Dema I, Sema I, UKK dan UKM), tingkat fakultas ( Dema Fakultas dan Sema Fakultas), tingkat program studi ( Himpunan Mahasiswa Program Studi). Menurutnya, HMPS memiliki koordinatif di tingkat program studi dengan dibawah naungan atau tingkat fakultas yaitu, sumber dana ( Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran/DIPA, Iuran Pengurus, Usaha Organisasi dan Sponsorship). Dalam berorganisasi ada beberapa poin penting diantaranya, menjadikan patokan visi & misi ketua HMPS PPI sebagai pedoman menyusun rencana kedepan, membuat struktur dan program kerja, mempunyai ketentuan aturan dalam berorganisasi dan saling kerjasama dan tanggung jawab antar sesama anggota.


Sambutan yang ketiga sekaligus penutup acara diisi oleh ibu Dr. Siti Malaiha Dewi. S.Sos., M.SI. Beliau mengatakan dalam setiap kegiatan acara ada 3 hal yang utama, yaitu panitian harus pintar mengatur anggaran buat acara demi kesejahteraan anggotanya, bisa bersinergi dalam prodi PPI dan membantu program PPI dengan ikut serta mengikuti kegiatan yang ada di dalam kampus maupun diluar kampus seperti PMI, HKI, dll. Manfaat dari berorganisasi sangat banyak salah satunya setelah lulus kuliah bisa langsung mendapatkan pekerjaan karena kita sudah pandai dalam komunikasi antar sesama. Dalam organisasi HMPS PPI bisa melatih kita menjadi mahasiswa yang lebih kritis, aktif dan komunikatif. Mahasiswa PPI setelah lulus bisa menjadi birokrasi dan politisi. Beliau juga mengatakan organisasi membutuhkan program kerja yang direncanakan harus sesuai dengan acara, mengungkapkan problem-problem dan kegiatan harus berjalan dengan sistem pengurus seperti ketua, bendahara, sekretaris dan anggota lainnya.


Kontributor : Sri Lestari Vitta Ningsih

Editor : Mochammad Ariq Ajaba


0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com