HMPS PPI Menyelenggarakan Kegiatan Positif yang Bernama Gerbang Serasi

 


Secara struktural, HMPS Pemikiran Politik Islam IAIN Kudus memiliki lima divisi sebagai penggagas jalannya suatu program kerja sesuai pada bidang divisi tersebut. Salah satu dari kelima divisi HMPS PPI adalah Divisi Riset dan Pendidikan Politik. Pada masa bakti 2021-2022, divisi riset dan pendidikan politik mempunyai tiga prinsip dalam menjalankan program kerjanya. Produktif, Kritis, dan Konsisten. Tiga prinsip itulah yang dijunjung oleh tiap pengurus divisi ini. 


Pada periode ini pun divisi riset dan pendidikan politik sangat padat akan program kerja yang mereka usung. Dan sebagian besar program kerja divisi riset dan pendidikan politik periode ini merupakan terobosan baru. Salah satunya adalah Gerbang Serasi: Gerakan Membangun Semangat Literasi, program kerja yang secara pure hasil ide pemikiran Mochammad Ariq Ajaba sebagai Koordinator divisi ini dengan dibantu rekan-rekan anggota divisi riset dan pendidikan politik serta jajaran pengurus lainnya.


Tepat pada hari Selasa, 30 Maret 2021 bertempat di Gedung PKM IAIN Kudus, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pemikiran Politik Islam menyelenggarakan Gerbang Serasi edisi pertama dengan mengangkat tema “Kiat-Kiat Menulis Opini Tembus Media Massa.” Kegiatan tersebut juga mengajak rekan Lembaga Pers Mahasiswa Paradigma IAIN Kudus sebagai media partner dan penambah relasi bagi HMPS PPI dalam saling tukar pandangan terhadap soal literasi utamanya kepenulisan.


Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Dr. Siti Malaiha Dewi, S.Sos., M.Si. selaku ketua program studi Pemikiran Politik Islam IAIN Kudus. Dalam sambutan beliau menyampaikan beberapa hal mengenai terselenggaranya Gerbang Serasi ini. 


“Melalui kegiatan Gerbang Serasi ini, kami berharap mahasiswa PPI semakin tergerak untuk meningkatkan hal positif yaitu membaca dan juga berkarya, salah satunya berkarya melalui media massa dengan menulis opini.” jelas beliau.


Beliau menekankan kepada HMPS PPI dalam kegiatan Gerbang Serasi ini tidak hanya berhenti dan terus selesai begitu saja. Beliau juga mengharapkan dalam satu periode kedepan, HMPS PPI dapat menghasilkan produk sendiri yang banyak, salah satunya berupa karya tulisan pada media massa. 


“Adanya mahasiswa-mahasiswa produktif dalam berkarya, akan menghasilkan dua manfaat sekaligus. Yang pertama secara administratif, dapat meningkatkan nilai akreditasi prodi. Yang kedua, dapat meningkatkan citra positif Prodi PPI IAIN Kudus seiring lahirnya karya-karya dari para mahasiswa.” jelas beliau.


Adapun ulasan-ulasan dari Bapak Rosidi sebagai narasumber yang telah kontributor rangkum secara baik dan menyeluruh. Yaitu sejatinya opini harus bersifat aktual atau berdasarkan faka yang terjadi, tidak memperbolehkan opini itu bersifat rekayasa. Harus nyata. Lalu opini yang ditulis harus mengandung solusi alternatif pada suatu isu/permasalahan tertentu. Tentunya pemaparan solusi ini dikemas dengan sudut pandang yang berbeda. 


Disamping itu, Bapak Rosisi menjelaskan perbedaan opini dan berita yang sering disalahartikan oleh masyarakat. Tentunya, opini sumbernya langsung dari pemikiran penulis sedangkan berita sumbernya langsung dari narasumber.


Pada ujung kegiatan, Bapak Rosidi menegaskan untuk memotivasi anggota HMPS PPI supaya giat berliterasi khususnya menulis, beliau menganalogikan dengan seseorang yang berposisikan mempunyai banyak ilmu pengetahuan, wawasan, namun tidak mau menulis, itu suatu “dosa besar”. Karena, sudah seharusnya setiap orang mentransfer pengetahuannya kepada khalayak untuk bisa diimplementasikan, dibagikan. Salah satunya melalui menulis itu tadi.


Dan terakhir, penulis akan menyampaikan statement kiranya bisa memacu semangat berliterasi sebagaimana kalimat dibawah ini:


“Jika kamu ingin mengetahui isi dunia, bacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, tulislah. Dan jika kamu menginginkan keduanya, konsistenlah. Konsisten dalam berliterasi.”

Salam Literasi!


Kontributor: Mochammad Ariq Ajaba, Sri Lestari Vitta Ningsih (Divisi Riset & Pendidikan Politik).


0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com