News Report : Rakorwil IV Dilaksanakan Secara Daring, UGM Sebagai Tuan Rumah


Rapat Koordinasi Wilayah IV Jateng & DIY


Program Studi Pemikiran Politik Islam IAIN Kudus termasuk bagian dari Rakorwil IV Jateng & DIY. Tuan rumah Rapat Koordinasi Wilayah IV adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dengan adanya situasi covid-19 saat ini Himpunan Mahasiswa Program Studi Pemikiran Politik Islam mengikuti Rapat Koordinasi Wilayah IV secara daring melalui media zoom meeting. Pada hari Sabtu, 20 Februari 2021, Rakorwil tersebut dihadiri oleh 7 Universitas Politik di wilayah Jateng dan DIY diantaranya: IAIN Kudus, UGM,  Unnes, Unwahas, UIN Walisongo, Unsoed dan Unsiq. Ada 7 delegasi mahasiswa dari program studi Pemikiran Politik Islam, diantaranya: Ulya Ulul Jannah, Setiyo Budi Utomo dan Ziedane Akil Ghibran sebagai peserta penuh dan 4 sebagai peserta peninjau, Mochammad  Ariq Ajaba, Sri Lestari Vitta Ningsih, Dhiya Ul  Fikri dan  Rikha Martha.

   

Rapat  dibuka pada pukul 08.30 WIB oleh pimpinan rapat, sambutan pertama dari Kaprodi S1 Fisipol UGM Dr. Mada Sukmajati, sambutan kedua dari Presiden KOMAP Fisipol UGM Kurnia Ikhsan dan sambutan yang terakhir dari  Ketua Umum HIMAPOL Korwil IV Muhammad Syafi’i. Rapat diawali dengan perkenalan peserta dan pembacaan agenda rapat. Agenda rapat melalui 3 sidang pleno, diantara hasil sidang pleno  pertama yaitu dari  BPH terkait Rakorwil mengenai aturan-aturan dalam pelaksanaan Rakorwil, AD-ART dan laporan pertanggung jawaban. 


Hasil sidang kedua, evaluasi program kerja dari masing-masing biro dan penentuan anggota baru pengurus Rakorwil IV beserta tanya jawab. Tanya jawab tersebut menghasilkan perdebatan diantara universitas lainnya yang menjadikan  suasana  semakin memanas. Awalnya dimulai dari pemilihan ketua korwil IV antara Billy dari Usoed dan Waskito dari UGM. Mereka mempunyai argumen yang berbeda, Billy megatakan “Saya ingin menata kembali program kerja dari Korwil sebelumnya baik yang udah terlaksana maupun belum dan ingin menyelaraskan serta menjaga komunikasi antara teman-teman lainnya”. Sedangkan Waskito mengatakan “Saya akan meneruskan budaya dari Korwil IV yang mendapat jatah menjadi ketua kali ini, karena dari UGM sendiri belum pernah menjabat sebagai ketua  dan bendahara”. Banyak suara teman-teman yang memilih Billy sehingga Ketua Umum HIMAPOL Korwil  IV yang terpilih adalah Billy Mardiansyah dari Universitas Jenderal Soedirman.

    

Susunan kepengurusan Korwil IV yang telah dibentuk, Ketua Billy Mardiasyah dari Unsoed, Bendahara Waskito Aji dari UGM, Kabiro Keilmuan Ulya Ulul Jannah dari IAIN Kudus,Kabiro Sosial Masyarakat saudari Nurul dari Unnes dan Kabiro Infokom Alif Iman dari Unwahas.

    

Hasil sidang ketiga, evaluasi mengenai BPH Pusat tentang Kongres Himapol Pusat yang belum diketahui, dana  anggaran  yang terlalu besar alokasinya  untuk  pusat ketimbang wilayah. Kurangnya kekekeluargaan  dan adanya oknum HIMAPOL Indonesia yang meminta dukungan politik  di luar kepentingan HIMAPOL Indonesia. Dan sedikit sambutan dari Ketua Korwil IV yang baru “Kita harus saling  terus komunikasi antara  anggota, saling bekerjasama dalam menata kembali program kerja sebelumnya, menciptakan dan mengembangkan program kerja yang baru demi tercapaiya sebuah tujuan Korwil IV”

    

Rakorwil IV selanjutnya akan dilaksanakan  di Universitas Negeri Semarang,  melalui 2 mekanisme yaitu antara ofline/daring. Mengingat masih dalam kondisi covid-19 maka waktu belum bisa ditentukan sekarang.


Creator : Sri Lestari Vitta Ningsih ( Mahasiswa PPI’19 ) 


0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com