Diskusi Santai Mahasiswa PPI bersama Wakil Ketua DPRD Jepara

 




Kamis, 11 Februari 2021 – Mahasiswa Pemikiran Politik Islam angkatan 2018 yang saat ini magang di DPC PDI Perjuangan Jepara mendapat kesempatan untuk bertemu langsung dengan wakil ketua DPRD Jepara Drs. H. Junarso. Dalam kesempatan tersebut mahasiswa Pemikiran Politik Islam yang berangotakan lima mahasiswa yang diantaranya Endang Susanti, Hamam Nasirudin, M. Salahudin Abdul Jabar, Nur Laila Fitriyani, dan Saiqotul llmiyah datang langsung ke gedung DPRD Jepara untuk berdiskusi.


Tujuan mereka berdiskusi langsung dengan wakil ketua DPRD adalah untuk menggali informasi dan pengetahuan seputar DPRD dan peran Fraksi di DPRD. “Kami memanfaatkan waktu magang kami untuk menggali banyak informasi seputar partai politik, jadi kesempatan untuk bisa berdiskusi langsung dengan wakil ketua DPRD Jepara merupakan kesempatan yang tak boleh dilewatkan.” kata Saiqotul Ilmiyah salah satu mahasiswa yang magang di DPC PDI Perjuangan Jepara.


Dalam diskusi tersebut membahas tentang fungsi DPRD dan peran Fraksi di DPRD. Pak Junarso selaku wakil ketua DPRD Jepara menjelaskan bahwa fungsi DPRD ada tiga yang diantaranya fungsi anggaran, fungsi pengawasan dan fungsi legislasi. Sedangkan fraksi merupakan kepanjangan tangan dari partai politik yang tidak masuk dalam alat kelengkapan dewan. “Untuk mencapai suatu tujuan, partai politik menugaskan anggotanya yang ada di fraksi DPRD untuk memperjuangkan tujuan yang telah dibuat tersebut. Partai yang suaranya besar cenderung akan menguasai legislasi, karenanya sebuah partai berjuang mendapatkan banyak kursi di DPRD agar tujuan yang diperjuangkannya dapat tercapai.” Imbuh pak Junarso. Dari penjelasan yang diutarakan pak Junarso dalam diskusi tersebut membuat mahasiswa PPI menjadi lebih paham akan fungsi DPRD dan peran Fraksi di DPRD.

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com