Mahasiswa PPI Ikut Serta dalam Pendistribusian Bansos Korban Banjir Bersama DPC PDI Perjuangan Jepara





Curah hujan yang makin tinggi membuat beberapa wilayah di Jawa Tengah terendam banjir, salah satunya desa Dorang, Nalumsari, Jepara. Pada Rabu tanggal 03 Februari 2021 ketinggian air mencapai 150 cm. Hal tersebut membuat aktivitas masyarakat Dorang terhenti sementara waktu. “Kondisi warga desa Dorang alhamdulilah baik-baik saja sebab banjir tidak hanya sekali ini saja melanda desa mereka, karena itulah mereka sudah bersiap. Masyarakat saat ini membutuhkan bantuan dari para donatur seperti kebutuhan pokok dan obat-obatan. Masyarakat Dorang berharap kedepannya ada program penanggulangan bencana banjir agar desa Dorang aman dari bencana yang tiap tahunnya melanda desa mereka.” Ungkap Ahmad Dhani yang pada saat itu menjadi relawan dari IPNU IPPNU Jepara. 


Beberapa elemen masyarakat Jepara menunjukkan kepedulianya dengan menyalurkan bantuan sosial berupa sembako dan kebutuhan pokok lainnya. Seperti halnya DPC PDI Perjuangan Jepara yang juga menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak banjir. Bantuan tersebut berupa kebutuhan pokok seperti 50 kardus mie instan, 2 karung beras, 3 peti telur, 3 karung singkong, 10 kardus air mineral dan yang lainnya. “Tujuan kami mendistribusikan bantuan kebutuhan pokok tersebut adalah guna meringankan beban masyarakat Dorang yang terdampak banjir. Inilah bentuk kepedulian kami sebagai salah satu elemen masyarakat Jepara.” Jelas Nur Kholis selaku wakil ketua bidang organisasi DPC PDI Perjuangan. 


Selain itu, Baguna selaku sayap partai PDI Perjuangan Jepara juga ikut andil dalam penanganan bencana banjir yang terjadi di desa Dorang, Nalumsari, Jepara. Baguna atau badan penanggulangan bencana adalah salah salah satu organisasi yang didirikan oleh PDI-Perjuangan Jepara. Dengan adanya organisasi ini, DPC PDI Perjuangan berharap dapat lebih responsif terhadap bencana yang terjadi di Jepara.


Kegiatan tersebut juga diikuti oleh mahasiswa Pemikiran Politik Islam IAIN Kudus angkatan 2018 yang pada saat ini tengah magang di DPC PDI Perjuangan Jepara. Magang ini merupakan program dari fakultas dakwah dan komunikasi Islam IAIN Kudus guna meningkatkan soft skill dan kompetensi mahasiswa Pemikiran Politik Islam. Menurut Endang Susanti mahasiswa PPIC6 yang mengikuti kegiatan tersebut, kegiatan yang dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan Jepara sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak banjir. “Kami melihat kegiatan yang dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan Jepara merupakan kegiatan yang positif.” Imbuhnya. 


Mahasiswa PPI yang pada saat itu magang di DPC PDI Perjuangan Jepara ikut serta dalam menyiapkan pendistribusian bantuan sosial untuk korban banjir. Mulai dari pengemasan kebutuhan pokok yang akan diberikan hingga penyerahan kebutuhan pokok kepada korban banjir. Selain itu, mahasiswa PPI juga ikut terjun langsung ke lokasi yang terdampak banjir untuk mengetahui kondisi masyarakat Dorang yang terdampak banjir. 

 



Penulis: Hamam, Jabar, Laila, Mia, Santi (Mahasiswa Pemikiran Politik Islam C6).

Editor: Endang Susanti



0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com