Studium General PPI. Rektor: Ini Bisa Mengubah Mindset Mahasiswa

Studium General PPI. Rektor: Ini Bisa Merubah Mindset Mahasiswa
sambutan rektor IAIN Kudus dalam studium general prodi PPI (foto/ichsan).

Program Studi (prodi) Pemikiran Politik Islam (PPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Kudus adakan Studium General dengan tema “ Merebut Peluang di Pemilu 2024: Gagasan dan Aksi ”. Diperuntukan bagi mahasiswa prodi PPI, kegiatan ini dilaksanakan di Gedung rektorat lantai 3. Senin (12/09/2022).

 

Turut hadir memberikan sambutan yakni, Rektor IAIN Kudus, Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc., M.S,. Serta Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi sebagai pembicara yakni, Titi Anggraeni, S.H. M.H. yang dimoderatori oleh Ka.Prodi PPI, Dr. Ozi Setiadi, MA. Pol,.

 

Dalam sambutannya Kasdi menyampaikan bahwa dengan diadakannya acara seperti ini merupakan sarana untuk mengubah pola pikir mahasiswa. Selain itu menurutnya tema yang diusung juga sangat sesuai dengan situasi saat ini yang sebentar lagi akan diadakannya pemilu serempak.

 

“ Saat ini penyelenggaraan pemilu merupakan ladang pekerjaan yang luar biasa, tinggal bagaimana para mahasiswa memanfaatkan kesempatan tersebut,” tuturnya pada kesempatan itu.

 



Senada dengan hal tersebut. Titi mengatakan pelaksanaan pemilu di Indonesia dilakukan serentak dalam satu hari, oleh sebab itu dibutuhkan banyak pihak untuk berkerja sama menyukseskan pesta rakyat tersebut.


“ Mahasiswa dapat menjadi bagian dari KPPS agar dapat mengawal sekaligus memahami tentang prosesnya, apalagi mahasiswa dianggap berintegritas tinggi karena masih idealis dan tidak terpengaruh oleh pihak² yang berkepentingan,” ujarnya menjelaskan.

 

Banyaknya kesalahan teknis yang terjadi di tahun - tahun sebelumnya hingga berakibat tidak sah nya suara rakyat, lanjut Titi. Sebagai Agent of change, Mahasiswa memiliki tugas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

 

“ Dengan memberikan pemahaman bagaimana cara mengakses sumber informasi yang valid, prosedur pemilu yang benar, serta teknis memilih yang tepat. Merupakan langkah untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik,” ujarnya kepada peserta studium general.

 

Menghadiri seminar tentang peluang dalam pemilu 2024 ini, Nur Hayati mahasiswa PPI Semester 3 mengaku memiliki pemahaman baru terhadap pemilu. Menurutnya pemilu merupakan cara rakyat menentukan arah bangsa dan negara selama lima tahun kedepan maka dari itu sangat disayangkan jika suara-suara rakyat justru tidak dapat tersampaikan karena kurangnya pengetahuan teknis memilih yang benar.

 

“ Bagaimana agar mahasiswa mampu memanfaatkan peluang untuk berkontribusi pada negara menjadi tugas yang harus dilakukan oleh mahasiswa,” ujarnya.


Kontributor: Ahmad Nur Ichsan (Pengurus HMPS PPI 2022. Divisi Media Informasi dan Komunikasi).


0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com