Prodi Pemikiran Politik Islam IAIN Kudus mengembangkan Kerjasama dengan Lembaga melalui FGD

                                                                             


    Pada hari Sabtu (2/10/2021) bertepat di Ponpes Assalam Conge, Desa Ngembalrejo, Kabupaten Kudus, prodi Pemikiran Politik Islam IAIN Kudus menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang bertajuk “Kepemimpinan Transformatif dan Kerjasama Program Studi Pemikiran Politik Islam”. Acara ini ditujukan untuk klaster penelitian pengembangan program studi lembaga pusat penelitian dan pengembangan masyarakat IAIN Kudus. Background dari penelitian ini ditujukan untuk prodi Pemikiran Politik Islam yang merupakan prodi paling baru di IAIN Kudus, yakni baru berdiri sekitar tahun 2016 akhir. Prodi Pemikiran Politik Islam akan menggelar akreditasi, dan salah satu poin penting dalam akreditasi yaitu tata pamong dan kerja sama, dimana kerja sama sangat signifikan untuk diangkat dalam penelitian. Kerja sama menjadi poin penting karna menyangkut relasi dan reputasi prodi Pemikiran Politik Islam dengan suatu individu atau lembaga.

    Acara tersebut menghadirkan dua narasumber yakni, Bapak Rif’an selaku Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Kudus dan Ibu Arika dari Kasubbag KPU Kabupaten Kudus. Selain itu acara ini juga dihadiri para dosen dan juga sekitar 20 mahasiswa Pemikiran Politik Islam. Dalam acara ini sambutan pertama di sampaikan oleh Bapak Rofiq selaku penyelenggara FGD kali ini

    “Dari tahun 2019-2020 prodi Pemikiran Politik Islam sudah menjalin kerjasama dengan 15 lembaga. Kenapa yang saya hadirkan disini KPU dan Bawaslu  Kabupaten Kudus? Karena KPU dan Bawaslu Kabupaten Kudus itu merupakan salah satu lembaga yang program  kerjanya paling banyak dalam penyelenggara pendidikan di prodi Pemikiran Politik Islam. Nah pada kesempatann kali ini saya ingin meminta pendapat kepada kedua narasumber terkait bagaimana bentuk-bentuk kerjasamanya dan juga evaluasi kedepannya” ungkap bapak Rofiq dalam sambutannya.

Selain itu ada juga ungkapan dari Dosen Pemikiran Politik Islam yaitu Bapak Ozi setiadi

“Perkembangan prodi PPI ini cukup signifikan walaupun pada masa saat ini masih pandemi, namun aksi-aksi yang udah dilakukan baik itu oleh dosen maupun mahasiswa sudah cukup signifikan. Diantaranya melakukan kerjasama di dalam maupun luar negri kemudian lokal maupun nasional. Yang tidak kalah penting juga prodi PPI ini para mahasiswanya memperoleh beasiswa dari Bank Indonesia yang dilihat dari keseluruhan mahasiswa IAIN itu mahasiswa PPI paling banyak” ungkap dari Bapak Ozi.

    Menurut Bapak Rif’an selaku narasumber pertama beliau mengungkapkan kalau bawaslu sangat membutuhkan para alumni maupun mahasiswa PPI untuk terlibat sebagai penyelenggara di lapangan. Karena kedepannya Bawaslu dan KPU akan menjadi suatu lembaga yang permanen maka dibutuhkan kader-kader yang berlatar belakang politik Islam.

Ini merupakan langkah konkrit yang harus dibuktikan. Bawaslu itu setiap bulan menerbitkan karya-karya tulis ilmiah terkait dengan buletin yang dimiliki oleh bawaslu dan juga senantia melakukan pendalaman terkaait dengan undang-undang pemilu, karena dibawaslu itu bukan hanya sekedar melakukan pengawasan tetapi juga upaya-upaya pencegahan. Terutama terkait dengan politik uang, pelanggaran-pelanggaran kampanye dan lain sebagainya” begitu kurang lebih ungkap Bapak Rif’an.

    Tak kalah penting juga narasumber kedua yang disampaikan Ibu Arika dari Kasubag KPU Kudus. Beliau mengevaluasi para peserta magang di tahun sebelumnya yang pada saat itu hanya diberikan tugas seadanya, seperti mem-fotocopy, mengeprint, mengetik, dan pekerjaaan-pekerjaan lain yang sifatnya hanya sekedar administrasi. Hal ini sangat disanyangkan karna tanpa magang pun ini bisa diperoleh.

“Ditahun berikutnya kita benar-benar menggembleng para mahasiswa yang magang dengan memberikan program kerja, ya memang bagi mereka itu sangat sulit, ya karna kita benar-benar menekankan ini lho dunia kerja yang sebenarnya” begitu ungkap Ibu Arika.

 

Kontributor : Isnun Najib (Mahasiswa PPI’20)

Editor         : Mochammad Ariq Ajaba (Mahasiswa PPI’19)

 

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com