Demi Terwujudnya Antusias Kepenulisan bagi Mahasiswa, HMPS PPI Gelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

                                                                                    


    Sebagai mahasiswa baru, tentu akan dibekali beberapa pelatihan-pelatihan sebagai modal untuk proses perkuliahan yang akan dijalani, salah satu pelatihan yang diterima mahasiswa baru PPI IAIN Kudus yaitu Pelatihan Karya tulis ilmiah yang dilaksanakan oleh HMPS PPI pada hari Selasa, 14 September 2021 bertempat di Gedung PKM Kampus Barat IAIN Kudus. Kegiatan tersebut terdapat dua pemateri yakni Bapak M. Nur Rofiq Addiansyah, S.IP., M.A. dan Ibu Novian Uticha Sally, M.A. Keduanya merupakan Dosen PPI IAIN Kudus. Tak lupa kegiatan tersebut juga terdapat Putri Damayanti (Mahasiswa PPI’20) sebagai moderator dan Umi Zufaroh (Mahasiswa PPI’19) sebagai MC.

    Memasuki nuansa materi pertama yang disampaikan oleh Bapak Rofiq, pada dasarnya karya ilmiah disebut juga sebagai tulisan akademik. Penulisan akademik adalah jenis penulisan yang menggunakan tata cara dan kaidah-kaidah tertentu yang bisa diterima masyarakat ilmiah atau komunitas akademik. Karya ilmiah bisa dikatakan erat dengan dunia pendidikan dan penelitian. Kebanyakan karya ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil dari riset yang dilakukan lembaga penelitian dan pendidikan.

    “Mahasiswa harus bisa menulis karya ilmiah, karena karya ilmiah merupakan suatu kewajiban dalam tugas-tugas kuliah, beasiswa, dan sebagai kompetensi untuk upgrade diri, serta berpotensi mendatangkan uang” kata Bapak Rofiq.

    Salah satu contoh karya ilmiah yang disampaikan adalah esai. Esai merupakan suatu karangan tulisan dalam bentuk opini penulis yang membahas tentang suatu masalah tertentu secara subjektif dan argumentatif. Dalam penulisan esai ada beberapa sturtuk yaitu: pertama judul, pada bagian judul itu berisi masalah yang akan dibahas yang singkat, informatif, dan rumusan masalah yang jelas dan problematik. Kedua, pendahuluan esai, dalam pendahuluan esai harus fokus menjelaskan apa yang akan ditulis dan signifikansi/arti penting dalam tulisan. Ketiga, pembahasan (isi), pembahasan ini harus argumentatif dan informatif, 60% dari keseluruhan isi, sistematis point to point, didukung data yang jelas. Keempat, berisi penutup,  yang isinya berupa kesimpulan dari semua isi tulisan dan memberikan saran serta rekomendasi.

    Pada akhir penjelasannya, beliau menyampaikan sebuah statement berasal dari tokoh terkemuka bernama Pramoedya Ananta Toer, yakni “orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, namanya akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah”.

    Selanjutnya, memasuki materi kedua yang disampaikan oleh Ibu Novian. Beliau lebih menekankan secara jelas pengembangan karya tulis ilmiah, yang mana di dalamnya terdapat pembagian jenis karya tulis ilmiah, kaidah-kaidah karya tulis ilmiah, dan tahap-tahap penulisan karya ilmiah.

“Jika ingin menulis suatu karya ilmiah, pastikan kalian bertanya kepada diri kalian sendiri, apa yang akan kalian tulis? Untuk apa kalian tulis? Dan bagaimana cara kalian menulis karya tulis ilmiahnya?” tutur Ibu Novian.

Selain itu, beliau juga menjelaskan secara runtut sistematika penulisan jurnal, meliputi :

1. Judul 

2. Nama penulis dan asal instansi penulis 

3. Abstrak (Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia) 

4. Kata-kata kunci 

5. Pendahuluan (Latar belakang, Masalah, Tujuan, Kerangka Teori, Metode) 

6. Hasil dan Pembahasan (dalam Bab dan Subbab) 

7. Penutup (Simpulan, Hambatan, Saran) 

8. Catatan dan Daftar Pustaka


Kontributor : M. Farkhan (Mahasiswa PPI’20)


0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com