PPL di DPRD Kabupaten Pati, DPL: Menjadi Bekal Setelah Lulus Nanti

PPL di DPRD Kabupaten Pati, DPL: Menjadi Bekal Setelah Lulus Nanti


PATI, pemikiranpolitikislam.com - Acara pembukaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Jurusan Pemikiran Politik Islam (PPI) IAIN KUDUS yang ditugaskan di DPRD Kabupaten Pati dilakukan secara non-formal dan dilaksanakan di kantor Sekretariat Dewan (SEKWAN) DPRD Pati yang didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari Jurusan PPI, Muhammad Hasan Syamsudin,  Selasa (10/08/2021).


Muhammad Hasan berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti PPL, dalam menjalankan tugas PPL agar membawa nama baik almamater institusi lembaga pendidikan IAIN Kudus dan diharapkan bisa menjadi bekal pengalaman untuk mahasiswa setelah lulus kuliah nanti.


“Pesan saya untuk mahasiswa IAIN Kudus, agar bisa membawa diri dan punya integritas tinggi,” katanya.


Lanjutnya, ia berharap kepada mahasiswa untuk selalu mengikuti setiap peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak DPRD Kabupaten Pati,  serta bisa mengaplikasikan mata kuliah terkait praktiknya di lapangan.


“Mahasiswa harus tertib serta membantu jalannya program kerja dan setelah melakukan PPL ini mahasiswa (diharap) bisa lebih berkompeten dalam praktik yang menyangkut wilayah-wilayah politik,” harapnya.


Sementara itu, Muhammad Fatwa Fauzian, ketua PPL PPI IAIN Kudus mengatakan, mengenai kegiatan PPL ini mahasiswa tidak hanya semata-mata bertugas dalam membantu DPRD Kabupaten Pati dalam menjalankan setiap tugas-tugasnya, tapi juga dapat belajar langsung terkait pengaplikasian mata kuliah di lapangan.


“Tentunya kita harus mempunyai tujuan yang jelas, di PPL ini tidak hanya membantu pihak DPRD Pati dalam menjalankan pekerjaannya , namun kita juga belajar langsung di lapangan dan mencoba mempraktikkan mata kuliah yang sudah diajarkan para dosen,” katanya.


Ia menambahkan, jika nantinya dalam bertugas ada kendala yang dihadapi oleh mahasiswa yang PPL di DPRD Kabupaten Pati, ia meminta untuk selalu berkoordinasi dan membangun komunikasi dengan baik antar sesama. 


“Jangan sungkan untuk bertanya agar tidak ada miskomunikasi, karena ini kerja tim. Mengenai laporan PPL, kita akan membagi tugas dalam penyusunannya,” pungkasnya.


Sedangkan untuk survei dan pemberkasan data mahasiswa PPL PPI IAIN KUDUS di DPRD Kabupaten Pati dilaksanakan sehari sebelumnya, pada Senin (09/08/2021).  Dihadiri perwakilan mahasiswa PPL dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PPI IAIN KUDUS.


Setelah diadakannya pembukaan PPL dan diterima dengan baik oleh perwakilan SEKWAN DPRD Kabupaten Pati, selanjutnya mahasiswa yang PPL dibagi di ruangan yang berbeda. Untuk pelaksanaan PPL  berlangsung pada 3 minggu kedepan. Terhitung mulai 9 Agustus sampai 31 Agustus 2021 dan PPL ini diikuti oleh 10 mahasiswa Prodi PPI

 

Kontributor : Anis Syaadah ( Mahasiswa PPI’18 )

 

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com