Langkah Awal Kaum Muda: Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Pengawasan Pemilu

                                 

Gambar 1.1 (Penyerahan Mahasiswa PPI IAIN Kudus kepada BAWASLU Provinsi Jawa Tengah)


    Praktik Profesi Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa tingkat akhir, dan ini juga menjadi syarat sebelum melaksanakan skripsi. Tahun 2021 ini menjadi langkah pertama Program studi Pemikiran Politik Islam, IAIN Kudus untuk melaksanakan Praktik Profesi Lapangan (PPL) bagi mahasiswa angkatan 2018 nya secara offline. Kegiatan berlangsung pada tanggal 09-30 Agustus 2021, dengan tetap menerapkan dan menjaga protokol kesehatan sebagai bentuk pencegah wabah covid-19.

    Pada kesempatan kali ini, ada enam mahasiswa PPI angkatan 2018 yang ditempatkan di Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Provinsi Jawa Tengah. Pembukaan PPL dilaksanakan secara non-formal pada Kamis (12 Agustus 2021) oleh Kaprodi Pemikiran Politik Islam, Dr. Siti Malaiha Dewi, S.Sos., M.S.I dan disambut hangat oleh KASUBBAG Administrasi Sekretariat BAWASLU Provinsi Jawa Tengah, Drs. Setyo Pramudi, sebagai perwakilan dari ketua BAWASLU Provinsi Jawa Tengah.

    Pada pembukaan yang dilaksanakan pagi menjelang siang ini, menjadi sebuah tanda diterimanya enam mahasiswa PPI untuk melaksanakan PPL selama kurang lebih satu bulan di BAWASLU Provinsi Jawa Tengah. Drs. Setyo Pramudi dalam sambutannya menjelaskan tata tertib dan beberapa tugas yang harus dilaksanakan selama pelaksanaan PPL di BAWASLU Provinsi Jawa Tengah ini. Walau tidak banyak kegiatan seperti waktu pelaksanaan pemilu, namun mahasiswa harus tetap aktif dalam bertanya dan ikut serta terlibat membantu  pelaksanaan kegiatan-kegiatan BAWASLU  yang ada. Bersama BAWASLU Provinsi Jawa Tengah, diharapkan enam mahasiswa PPI ini dapat menjadi penggerak kaum muda dalam mengenal lebih baik tentang pemilihan umum (Pemilu), karena ini merupakan salah satu hal penting dalam pelaksaan pemerintahan di Indonesia. Walau tidak banyak sambutan yang dapat beliau berikan, namun beliau sangat mengharapkan keseriusan dan semangat enam mahasiswa perwakilan PPI ini dalam menimba ilmu dan pengalaman di BAWASLU Jawa Tengah, sehingga nantinya mampu membantu dalam pengawasan pemilu yang ada di Indonesia.

"Semoga betah dan dapat belajar dengan serius" ungkap beliau 

                


    Dr. Siti Malaiha Dewi, S.Sos., M.S.I juga dalam sambutannya mengaharapkan kerja sama dan bimbingannya untuk enam mahasiswa PPI ini selama masa PPL. Beliau mengaharapkan BAWASLU Provinsi Jawa Tengah ini nantinya mampu menjadi tempat mahasiswa PPI dalam menyalurkan ilmu-ilmu yang sudah didapatkannya selama dibangku kuliah menjadi bentuk kerja nyata. 

"Saya mengharapkan mahasiswa dan mahasiswi ini dapat merasakan suasana baru di BAWASLU Jawa Tengah" ungkap beliau selaku dosen pembimbing lapangan.

    Mahasiswa PPI IAIN Kudus juga mengharapkan hal yang sama, seperti yang disampaikan oleh koordinator kelompok, Hamam Nasirudin. Mengharapkan dengan adanya PPL ini dapat menambah ilmu sekaligus relasi kerjasama, sebagai bekal pengalaman tersendiri untuk masa depan.

"Semoga kami dapat maksimal dan menimba ilmu dengan Bapak dan Ibu di BAWASLU Jawa Tengah" ungkapnya 

    Dengan adanya program ini, harapan mahasiswa dapat mengasah diri dengan memaksimalkan program kerja yang sebagaimana telah direncangan sebelumnya. Sehinga nantinya dapat membantu memenuhi tugas akhir dan pembelajaran dilapangan, hal ini ditunjukan dengan adanya rencana proker yang akan terlaksana seperti membantu melakukan pengawasan terhadap para pemilih pemula, melakukan sosialisasi terhadap pentingnya pengawasan pemilu dan kesadaran akan pelanggaran politik yang masih sering terjadi.


Kontributor : Kelompok PPL Mahasiswa PPI di Bawaslu Jawa Tengah Tahun 2021 



0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com