HMPS PPI Berkolaborasi Dengan Dosen FDKI dan Mahasiswa Berprestasi Dalam Membahas "Strategi Cepat Menyelesaikan Skripsi"

 


    Persyaratan menjadi seorang sarjana adalah mahasiswa harus menyelesaikan skripsi, kali ini HMPS PPI mengadakan diskusi online pada tanggal 09 Juni 2021 yang bertemakan "Strategi Cepat Menyelesaikan Skripsi" yang disampaikan kaprodi Pemikiran Politik Islam ibu Dr. Siti Malaiha Dewi, S.Sos., M. Si. dan empat narasumber yang profesional diantaranya M. Nur Rofiq Addiansyah, M.A. dosen PPI IAIN Kudus, Aisyah Maulida, S.IP., MPA. Dosen PMI IAIN Kudus, Tevana Sari Dewi, S.Sos. lulusan tercepat Prodi PPI IAIN Kudus, dan Adiba Arifia Fadilah, S.Sos. lulusan tercepat Prodi PMI IAIN Kudus.

    Sambutan diberikan oleh Kaprodi Pemikiran Politik Islam ibu Dr. Siti Malaiha Dewi. S.Sos., M.Si. Beliau menjelaskan mengenai ada 5 jenis status mahasiswa IAIN Kudus yaitu mahasiswa aktif, mahasiswa cuti, mahasiswa mengundurkan diri atas permintaan sendiri, mahasiswa lulus dan mahasiswa tidak lulus. Dari Permenristekdikti Nomer 44 thn 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yaitu masa akademik selama 7 tahun. Beban studi mahasiswa PPI adalah 148, 139 mata kuliah wajib dan 9 mata kuliah pilihan. Dalam skripsi ada 6 sks yang mencakup keilmuan. Kelulusan dilakuakan denga ujian munaqosah dengan 5 dosen. Mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah dengan kurikulum KKN berhak mendapatkan ijazah, transkip akademik dan  SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Beliau juga mengatakan mahasiswa harus bisa output tulisan-tulisan dari dosen atau dari akdemisi lainnya dan harus langsung beraksi, menjadi relasi dari dosen dan selalu menghargai dosen.

    Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Bapak M. Nur Rofiq Addiansyah. M.A. dosen PPI IAIN Kudus. Skripsi harus dijadikan sebagai semangat, ikhtiar, usaha dan doa bukan dijadikan sebagai beban dan masalah. Faktor kesuksesan skripsi ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri mahasiswa sendiri, sebagai mahasiswa harus bisa membuang rasa malas, bosan dan jenuh sehingga dapat menyelesaikan skripsi dengan cepat. Faktor eksternal berasal dari lingkungan kampus, dosen pembimbing dan teman. Ada beberapa pengalaman kuliah mulai dari semester 1 sampai 6, biasanya semester 1-2 mengikuti kuliah dengan baik, ikut organisasi dan main bersama teman-teman. Semester 3-4 mulai mengikuti berbagai lomba, semester 5 mulai magang dan mencari judul skripsi, semester 6 sibuk organisasi dan aktif kegiatan diluar kampus. Beliau juga memberikan tips agar mahasiswa cepat skripsi diantaranya membangun komunikasi yang baik dengan pembimbing, jangan terlalu serius sampai stress, buat timeline, sharing dengan orang yang tepat dan memperbanyak doa dan ikhtiar. Skripsi yang bagus adalah skripsi yang cepat selesai.

    Pemaparan materi kedua disampaikan oleh Adiba Arifia Fadilah, S.Sos. lulusan tercepat prodi PMI IAIN Kudus. Memberikan tips dan trik menyusun skripsi cepat dan tepat, kita harus menentukan target berapa lama kita menulis skipsi, membuat timeline mengerjakan skripsi, jangan terlalu berfikir lama kerjakan saja dan jangan terlalu lama  berhenti jika menemui jalan buntu harus mememukan solusinya. Dia juga memberikan tips menulis judul skripsi yaitu Cari topik yang kalian suka, berikan batasan dan tujuan yang jelas supaya penelitian tetap terfokus, sering-sering membaca referensi jurnal atau penelitian terdahulu dan ikuti saran atau rekomendasi dari dosen pembimbing. Kita harus bisa melawan rasa malas diri sendiri, kurangi megang HP, kurangi membuka media sosial, tahan diri dan fokus tujuan.  

    Pemaparan materi ketiga disampaikan oleh Aisyah Maulida, S.IP., MPA. dosen PMI IAIN Kudus. Dalam pengumpulan skripsi kita dapat menemukan berbagai pengalaman dan banyak manfaat lainnya salah satunya dalam skripsi yang dibuat beliau "Telaah Kritis Jaringan Sosial Siti Rodliyah dalam Pemilihan Legislatif 2009 di Jepara". Ada fua faktor dalam menyusun skripsi yaitu faktor internal (diri sendiri dan motivasi) dan faktor eksternal (dosen pembimbing, sumber data dan masalah non akademis). Faktor internal lebih mudah di kontrol daripada faktor internal yang lebih sulit untuk di kontrol. Kita harus punya strategi-strategi yang tepat dalam mengontrolnya yang disebabkan faktor tersebut. Beliau memberikan 5 strategi menulis skripsi diantanranya, tentukan motivasi, kenali skripsimu, jaga relasi dengan pembimbing, bangun omage baik dan realistis atau idealis.

    Pemaparan materi keempat disampaikan oleh Tevana Sari Dewi, S.Sos. lulusan tercepat prodi PPI IAIN Kudus. Skripsi adalah ajang latihan bagi mahasiswa dalam rangka melakukan penelitian secara obyektif yang membutuhkan bimbingan dari dosen pembimbing skripsi agar tidak mengalami kebingungan dan kesalahan yang fatal. Dia memberikan tips mengerjakan skripsi secara cepat dan tepat diantaranya, pertama, usahakan mencari tema penelitian yang memang kita sukai dan pahami, kedua, Pastikan kita berada dalam circle pertemanan yang punya keinginan untuk segera lulus, ketiga, Berikan waktu setidaknya 3 atau 4 jam untuk menulis skripsi, keempat, Mencari tempat untuk mengerjakan skripsi yang kondusif dan bisa berkonsentrasi tinggi, kelima, Membuat mini discussion dengan kakak tingkat, teman dan dosen dalam rangka brainstorming, dan keenam, Tidak lupa berdoa dan meminta restu orang tua. Ada beberapa rekomendasi situs dalam mencari jurnal ilmiah yaitu Google Scholar, Perpustakaan Nasional RI, Academia, Moraref, GARUDA Ristekdikti, Durectory of Open Access Journalis (DOAJ) dan Collection of Open Access Research Papers (CORE).

Kontributor : Sri Lestari Vitta Ningsih ( Mahasiswa Ppi”19 )


0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com