Dua Mahasiswa PPI menjadi Relawan Demokrasi di Pemilwa 2021



Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali untuk memilih calon presiden mahasiswa (Presma) dan jajaran partai mahasiswa. Dalam kesempatan ini, ada dua mahasiswa PPI yang menjadi delegasi HMPS PPI yang bertugas sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), keduanya yaitu Makhali Yusuf dan Rimei Lana Yana Sukma, pada (Rabu, 06/01/2021).

Makhali Yusuf, mahasiswa PPI yang bertugas menjaga kotak suara selama Pemilwa, mengaku selama menjadi KPPS ia mendapatkan banyak sekali pengalaman, mulai dari penyusunan acara, pencoblosan, serta memberikan arahan kepada pemilih untuk memasukkan kertas suara ke dalam kotak suara.

“Tugas saya adalah mengarahkan pemilih, karena ada dua kotak suara yang berbeda, kotak suara untuk Presma dan partai mahasiswa,” katanya.

Lanjut Makhali, selama menjadi petugas KPPS ia dapat mengetahui jalannya sistem demokrasi di dalam kampus dan memperbanyak relasi lewat Pemilwa yang anggotanya dari beragam fakultas.

“Bisa mengetahui sistem demokrasi di kampus dan  mendapat kenalan dari fakultas lain,” tambahnya.

Senada dengan itu, Rimei Lana, petugas KPPS yang menjadi delegasi dari HMPS PPI, selama Pemilwa ia bisa belajar dalam memahami kerja tim secara cepat dan menjaga komitmen kenetralan untuk tidak memihak salah satu calon.

“Menjadi KPPS dilatih untuk kerja cepat dan teliti,” katanya.

Lebih jauh, ia mengungkapkan kesannya menjadi KPPS yang menurutnya bisa menambah pertemanan, mendapatkan berbagai pengalaman, dan wawasan baru tentang Pemilwa. Selain itu, selama Pemilwa berlangsung, ia dituntut untuk menyiapkan segala yang dibutuhkan yang waktunya kurang dari tiga hari. 

“Lelah bisa terbayarkan dengan mengetahui keberhasilan petugas KPPS yang dapat melaksanakan tugas hingga memperoleh hasil yang memuaskan,” ungkapnya.

(ftw)

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com