Rasa Semangat Tinggi, Antarkan Santi Menjadi Mahasiswa Berprestasi Prodi PPI

 

Rasa Semangat Tinggi, Antarkan Santi Menjadi Mahasiswa Berprestasi Prodi PPI
Endang Susanti dalam Wisuda periode ke-31 IAIN Kudus, (foto/Ichsan)


Endang Susanti merupakan mahasiswi Program Studi Pemikiran Politik islam, ia berhasil menyandang gelar wisudawan berprestasi dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,89 pada wisuda periode ke-31 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus.


Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) IAIN Kudus Kampus Timur pada Sabtu, (14/05/2022).


Sejak masuk kuliah pada tahun 2018, perempuan yang kerap disapa Santi ini harus pergi kesana kemari dari Kudus ke Blora seminggu sekali untuk membantu orang tuanya dengan kesibukan mereka di rumah.


Perempuan asal Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini merupakan anak ke-2 dari pasangan Sujiman (51), dan Siti Aminah (50) yang berprofesi sebagai seorang petani,


Kedua orang tuanya yang hanya bekerja sebagai petani, kadang kesulitan untuk mencukupi  uang saku kedua anaknya yang sama-sama kuliah.


Meski begitu, tidak  membuat Santi putus arang dalam mengemban pendidikan, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang  ia peroleh.


Diantaranya, peringkat 3 terbaik SKPP Kabupaten Blora, Top 10 karya terbaik cipta puisi nasional oleh Lintang Indonesia, Top 25 International Essay Commpetition INFID 2019, meraih beasiswa Bank Indonesia, dan lain-lain.


Untuk mendapatkan IPK 3,89, ia menjalani pembelajaran tambahan. 


Pasalnya, Santi merupakan mahasiswi yang melalui proses perkuliah secara Daring (dalam jaringan).


Keadaan Desa Sempu yang terletak di ujung selatan Kabupaten Blora, tidak didukung oleh akses internet yang bagus.


Sehingga untuk mendapat akses internet yang memadai, Santi harus menaiki perbukitan setiap menjalankan kuliah daring.


Santi sendiri dikenal sebagai wanita muda yang memiliki kepedulian terhadap wanita.


Hal ini terlihat dari materi skripsi yang disusunnya dengan subjek pemerintahan wanita dengan lokus konsentrasi pada kewenangan Pejabat Perwakilan Blora, Tri Yuli Setyowati.


Motivasi Santi dalam mencapai prestasinya selama ini, ialah dengan senantiasa mengingat pesan orang tuanya.


"Yang selalu kuingat, kedua orangtua saya itu bilang, 'Warisan terbaik dari saya (orangtuanya), hanyalah pendidikan. Kamu boleh mengemban pendidikan setinggi mungkin. Namun saya tidak bisa berikan harta, karena warisan harta akan habis, tetapi warisan pendidikan tidak akan pernah habis,'" ucapnya menirukan pesan orangtuanya. (dikutip dari Media Indonesia.com)

 

Kontributor: Ahmad Nur Ichsan (pengurus HMPS PPI divisi Media Informasi dan Komunikasi)


0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com