Mendapat Juara Berkat Puisi yang Penuh Filosofi

 


Rimei Lana Yana Sukma tergerak untuk menuliskan puisi dengan melihat realita sekarang, di mana sangat jauh dari cita-cita kemerdekaan. Hal itu yang menginspirasi dia menuliskan puisi berjudul "Dwi Warna".


Puisi itu dibuatnya selama kurun waktu seminggu. Namun tidak sia-sia hasilnya, dia berhasil mendapat juara favorit dalam lomba cipta dan baca puisi yang gelar oleh Forum Aspirasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK).


Gadis kelahiran Pati, 23 Mei 2000 ini mengaku dalam proses pembuatan puisi, dia membuat dahulu kerangka yang akan dibahas di puisinya. 

"Setelah reng-rengan (kerangka) puisi dirasa cukup, baru bisa menulis," katanya.


Perempuan yang tinggal di Desa Baturejo, Kecamatan Sukolilo, Pati, tersebut dalam menuliskan puisinya membutuhkan suasana hati yang tepat agar puisi yang dihasilkan sesuai harapan.

"Memerlukan waktu seminggu karena butuh mood yang mendukung," ungkapnya.


Bagi Rimei, puisi tidak sekadar tulisan tanpa makna. Dia menjelaskan bahwa puisinya mengandung arti filosofi. 

"Dwi Warna menggambarkan sang saka merah putih sebagai lambang negara yang di dalamnya menyimpan banyak perjuangan dan pertumpahan darah untuk mengibarkannya," katanya.


Selain itu, tujuannya memilih judul tersebut untuk mengingatkan perjuangan para pahlawan yang gugur untuk memperjuangkan merah putih. Harapannya dalam puisi itu, untuk mengajak kaum muda agar tidak hanya tahu tentang simbol saja, namun juga harus mewujudkan rasa nasionalisme yang sesungguhnya.

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com