Diskusi Virtual: Chasing Global Experience, How To Be Great Millenial



Tim Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN IK-DR) Posko 160 Prodi Manajemen Bisnis Syari’ah (MBS), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) bekerja sama dengan HMPS PPI dari Divisi Ekonomi dan Minat Bakat menggelar Diskusi Virtual bertema "Chasing Global Experience : How to Be Great Millenial". Dalam diskusi virtual ini terdapat 3 (tiga) pembicara hebat, professional dan memiliki banyak pengalaman di kancah dunia. Pembicara utama yaitu Cita Ekanijati, S.I.P.,M.Ges (Analyst, Indonesia Resident Mission, Asian Development Bank). Pembicara kedua Teguh Iman Prastyo S.Si, M.Eng (Assistant Manager Digital-Printed Fabric Label Avery Dennison Indonesia). Serta pembicara ketiga yaitu M. Nur Rofiq Addiansyah, S.I.P., M.A (Akademisi IAIN Kudus). Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman, ilmu serta tips-tips menjadi orang sukses, hebat dan berguna di era milenial. Diskusi Virtual digelar dalam 2 (dua) sesi yaitu pada 17-18 Juli 2020, dengan media online zoom meeting yang dihadiri sekitar 100 lebih peserta.

Pada sesi pertama (Jumat, 17 Juli 2020), diskusi virtual diisi oleh pembicara Cita Ekanijati, S.IP., M.Ges. Beliau berbagi pengalaman tentang belajar di luar negeri yakni di Jepang, strategi tembus beasiswa, serta mengenai pengalaman bekerja di Lembaga Internasional. Beliau bercerita banyak disini mengenai pengalamannya lanjut studi S2 di Luar Negeri. Situasi di sana sangat berbeda dengan disini. Seperti dari budayanya yaitu cara berbicara, keyakinan, penampilan, bahkan dari makanan yang dikonsumsi. Beliau juga memaparkan banyak pesan bahwa kesempatan terbuka untuk siapa saja apalagi kita yang mau berusaha, selalu percaya diri dalam menggapai impian, memperluas ilmu dimana saja, serta mengatur mindset positif.

Pada sesi kedua (Sabtu, 18 Juli 2020), diskusi virtual ini diisi oleh 2 (dua) pembicara. Yaitu Teguh Iman Prastyo S.Si, M.Eng dan M. Nur Rofiq Addiansyah, S.I.P., M.A.  Oleh pembicara utama Teguh Iman Prastyo S.Si, M.Eng, beliau berbagi pengalaman belajar di luar negeri yakni di Korea dan tips bekerja di Perusahaan Internasional. Lalu pembicara kedua M. Nur Rofiq Addiansyah, S.I.P., M.A, beliau berbicara tentang tips lolos PNS serta cara cepat mengerjakan skripsi. 

Disini narasumber pertama menceritakan pengalamannya, mulai dari pengalaman pribadinya belajar di luar negeri dan tips-tips hebat yang beliau share ke peserta diskusi agar bisa seperti jejaknya. Serta topik dari Bapak M. Nur Rofiq Addiansyah, S.I.P., M.A, yang berbicara mengenai tips lolos PNS. Pesan dari beliau agar bisa lolos, pastinya kita harus benar-benar berlatih, tepat memilih formasi, tidak cepat menyerah, serta membangun jejaring. Dan berbicara mengenai cara cepat mengerjakan skripsi. Menurutnya bahwa dalam melaksanakan suatu hal jangan dipikirkan saat hal itu sudah terjadi, tetapi sebelum hal tersebut terjadi. Maksudnya, kita harus sudah punya pandangan, ancang-ancang dan berfikir lebih dahulu sebelum kita masuk di waktu skripsi. Seperti kita sudah mulai menentukan tema yang cocok yang akan kita pakai.

Diskusi Virtual yang berlangsung 2 (dua) sesi berlangsung dengan baik, walaupun ada sedikit kendala seperti sinyal, karena kita memakai media online. Semoga hasil dari kegiatan ini bermanfaat untuk semua orang.

(Dewi Andriani)

0 Comments:

Post a Comment

About

Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Program Studi Pemikiran Politik Islam

Visi

Menjadikan Program Studi Unggul di Bidang Pemikiran Politik Islam Berbasis Islam Terapan pada Level Nasional Tahun 2023.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Pemikiran Politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pemikiran Politik Islam berbasis Islam Terapan serta mempublikasikan di jurnal nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pemikiran politik Islam berbasis nilai-nilai Islam Terapan yang humanis, aplikatif, dan produktif.

Address:

Jl. Gondangmanis No.51, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Our Mail Addrees

hmpsppiiainkudus@gmail.com